Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkot Siapkan 9 Armada Darurat
P
Property: Moderatorsua
-
Aug, 01 2023
Dok ModeratorSua: 9 Unit mobil layanan kesehatan aktif 24 jam

MODERATORSUA.COM, TERNATE – Komitmen memajukan Kota Ternate dari aspek kesehatan, Pemerintah Kota Ternate dalam waktu dekat akan mendistribusikan 9 Unit mobil Layanan Kesehatan di 8 kecamatan.

Dari 9 unit mobil tersebut terbagi atas: 8 unit mobil ambulance dan 1 unit mobil jenazah, masing-masing sudah dilengkapi nomor call center (panggilan pusat).

Amatan media ini, kendaraan darurat itu telah tiba dan sudah diserahkan ke Pemkot dalam hal ini Dinas Kesehatan, yang di wakili Kabid SDK Muhammad Asri bersama Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly. Selasa (01/08/2023)

Untuk sementara wartu mobil terparkir di eks Kantor Wali Kota Ternate, di Kelurahan Kampung Pisang Ternate Tengah.

Rencananya 9 unit armada itu nanti diserahkan ke puskesmas di 8 kecamatan, dan 1 unit mobil jenazah untuk Dinas Kesehatan Kota Ternate.

“Mobil – mobil ini rencananya akan diserahkan secara simbolis oleh Bapak Wali Kota pada 17 Agustus nanti di lapangan Ngara Lamo,” kata Rizal saat diwawancara.

Menurut Rizal, program tersebut merupakan manifestasi semangat dan komitmen Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman guna memberi pelayan ke masyarakat.

“1×24 jam layanan gratis tanpa dipungut biaya dalam bentuk apapun, siapa yang butuh langsung hubungi pada nomor call center. Dinkes buat program ini karena semangat pak wali kota,” tuturnya.

Masing-masing mobil darurat itu kata Rizal, akan beroperasi sesuai wilayah kerjanya.

“Misalnya mobil yang ada di Puskesmas Sulamadaha, akan melayani di Kecamatan Ternate Barat, kemudian di Puskesmas Gambesi akan melayani di Kecamatan Ternate Selatan. Begitu juga di kecamatan lainnya,” kata Rizal menjelaskan.

Pemerintah Kota Ternate merencanakan, akan menambah armada darurat untuk puskesmas yang wilayah kerjanya luas.

“Jadi puskesmas yang paling tinggi pelayanannya, itu yang akan ditambah 1 unit lagi mobil ambulance. Ini adalah komitmen pemerintah untuk pelayanan kesehatan masyarakat,” Pungkasnya.

Penulis: Gajali Fataruba

© 2023 Moderatorsua | All rights reserverd.