Target Rekor Muri, Event FTW 2023 di Sula Tampil Beda
P
Property: Moderatorsua
-
Oct, 24 2023
Gambar Istimewa, Moments Festival Tanjung Waka 2022

MODERATORSUA.COM, SANANA – Untuk kali kedua Event Festival Tanjung Waka (FTW) dalam kepemimpinan Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Fifian Adeningsi Mus akan digelar. Event bersekala nasional ini bertemakan: Eko Event Festival Tanjung Waka tahun 2023.

Event festival pertama pada tahun 2022 lalu, cukup membanggakan. Pasalnya, gelaran perdana itu masuk dalam 10 besar dari ribuan Event Destinasi Pariwisata tingkat nasional di seluruh Indonesia.

Ketua Panitia Festival Tanjung Waka 2023, Syahjuan Fatgehipon menyampaikan, ada beberapa item kegiatan menarik yang tidak ada pada gelaran sebelumnya dan akan disajikan kali ini.

Pertama, pemberdayaan masyarakat lokal tempatan melalui kendaraan roda dua di lokasi festival. Kedua, pertunjukan simbolis 200 unit perahu nelayan.

“Semua kendaraan akan parkir di luar gerbang festival. Kecuali Bupati, Wakil Bupati dan tamu istimewa lainnya. Untuk aktivitas lalu-lalang pengunjung di lokasi festival, akan dilayani ojeg yang notabene warga tempatan. Mereka akan diberi tanda stiker, kemudian atraksi perahu nelayan,” kata Syahjuan pada Moderatorsua.com, Senin (23/10/23).

Selain itu, dari aspek kebudayaan dan pameran kuliner, Panitia bakal selenggarakan “Kia Kub” atau Makan Bersama turut digaungkan dalam festival.

“Kia kub ini sebagai simbol persaudaraan kita di Sula. Untuk panjang kia kub ini sekitar 30 meter. Makanan-makanan khas akan kita sajikan,” jelasnya.

Terakhir, digelar aksi bersih-bersih sampah plastik di pantai semua desa di Kabupaten Kepulauan Sula secara serentak. Aksi ini ditargetkan mendapat penghargaan rekor muri.

“Jadi, tiap-tiap desa akan melakukan hal yang sama dalam satu hari. Aksi ini ditargetkan untuk mendapat rekor muri,”paparnya.

Menurut Syahjuan, aksi tersebut merupakan tindaklanjuti dari deklarasi Sula bebas sampah plastik 2024 yang disampaikan Bupati pada festival sebelumnya. “Iya, itu tindaklanjuti dari deklarasi pada festival sebelumnya,” tutupnya.

Penulis: Gunawan Tidore

© 2023 Moderatorsua | All rights reserverd.