Koalisi 9 Bintang di Ternate Kecam Sikap PB PMII
P
Property: Moderatorsua
-
Oct, 30 2023
Dok ModeratorSua: Suasana refleksi Hari’ Sumpah Pemuda di Kota Ternate

MODERATORSUA.COM, TERNATE – Sejumlah Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Ternate kembali merefleksikan Hari sumpah pemuda, Minggu, 29 Oktober 2023.

Mereka mengatasnamakan “Koalisi 9 Bintang Melawan” itu tergabung dari Komisariat 45, Komisariat Stikip Kie Raha, Komisariat Bung Karno, Komisariat IAIN, Rayon FKIP, Rayon Ekonomi dan Rayon Pertanian menggelar aksi refleksi sumpah pemuda pada minggu, 29 Oktober 2023.

Ada beberapa hal ini disoroti dalam dari hari refleksi tersebut diantaranya: sikap politik Pengurus PB PMII dan masalah pertambangan di Maluku Utara.

Kordinator Koalisi, Rian Sula dalam orasinya menegaskan menolak dukungan politik PB PMII kepada Cawapres pasangan Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Menurutnya, sikap politik PB PMII tersebut sudah salah salah jalur karena tidak lagi independen.

“PB PMII telah mencederai citra diri PMII berupa sikap independen. PMII adalah organisasi mahasiswa yang independen. Ini dibuktikan dengan Musyawarah Nasional (Munas) di Munarjati Malang pada tahun 1972. Atas dasar ini, PMII tidak lagi terikat secara struktural dengan kekuatan politik manapun termasuk Nahdatul Ulama (NU)”. Ujar Rian sula.

“Berangkat dari sejarah itu, seharusnya ini menjadi pembelajaran serta evaluasi bagi seluruh anggota maupun kader terutama PB PMII, agar tetap mempertahankan sikap politik yang independen,” tegasnya.

Usai mengkritisi sikap PB PMII, Rian juga menyuarakan terkait pertambangan di Provinsi Maluku Utara

Ia berasumsi dampak negatif pertambangan di Maluku Utara cukup masif bagi keberlangsungan hidup masa mendatang.

“Mulai dari sektor lingkungan, perampasan ruang hidup dan pencaplokan tanah adat. Selebihnya juga mempengaruhi pada sektor pendidikan,” beber Rian mengakhiri orasinya.

Penulis: Risal Sadoki
Editor: Gunawan Tidore

© 2023 Moderatorsua | All rights reserverd.