Dokumen Pemekaran Dua Desa di Sula, Lusuh di Meja Pemerintahan
P
Property: Moderatorsua
-
Nov, 21 2023
Gambar ilustrasi dokumen lusuh

MODERATORSUA.COM, SANANA – Status dua desa persiapan definitif di Kecamatan Sulabesi Tengah dan Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula tak kunjung berubah status alias belum dimekarkan.

Desa Umaga merupakan anak Desa Waiboga, sedangkan Desa Rawamangoli adalah anak Desa Falabisahaya. Rencana dan upaya pemekaran ke dua desa ini telah dimulai sejak kepemimpinan mantan Bupati Hendra Thes hingga saat ini.

Sayangnya, kepemimpinan Fifian Adeningsi Mus yang begitu gigih untuk menuntaskan masalah tersebut, namun sampai saat ini progresnya belum terlalu menggembirakan warga di dua desa itu.

Sebelumnya, Kabag Pemerintahan Setda Kepulauan Sula, Suwandi Gani mengundang dua pimpinan desa tersebut untuk membahas terkait tapal batas.

Rapat pada bulan Agustus lalu itu, lebih fokus membahas kelengkapan dokumen administrasi tapal batas ke dua desa. Hanya saja, Suwandi saat dikonfirmasi Moderatorsua pada Selasa (21/11/23) namun belum direspon.

Tak hanya itu, di lain tempat, masalah serupa juga terjadi antara desa Mangon Kecamatan Sanana dan Desa Mangega Kecamatan Sanana Utara.

Lihat saja, Komisi I DPRD Sula kembali dapat aduan terkait masalah tapal. Hal ini diakui Ketua komisi I DPRD kepulauan Sula La Ode Asiran Jodi kepada wartawan saat giat kunjungan Kerja (Kunker) pagi tadi.

“Kedatangan kami berdasarkan pengaduan masyarakat. Jadi pada saat pertemuan, warga Desa Mangega meminta agar masalah tapal batas antara Desa Mangega dan Desa Mangon cepat diselesaikan. Cuma saya bilang untuk masalah tapal batas itu ranahnya pemda,” terang Ketua Komisi I, La Jodi.

Ia menjelaskan, yang menangani masalah tapal batas adalah pemerintah daerah. Namun, dirinya akan berupaya untuk berkoordinasi dengan kabag pemerintahan agar secepatnya diatasi.

Selain, masalah desa persiapan seperti desa Umaga dan Rawamangoli yang hingga saat ini proses untuk menjadi desa definitif tak kunjung tuntas.

“Kita juga datangi desa persiapan yakni desa Umaga, pada intinya setiap komisi I terima informasi kita langsung turun,” pungkasnya.

Penulis: Gunawan Tidore

© 2023 Moderatorsua | All rights reserverd.